KEBUGARAN JASMANI

Tes kebugaran jasmani adalah pemeriksaan medis yang dilakukan untuk menentukan apakah seseorang cukup bugar untuk melakukan suatu kegiatan atau berolahraga. Tes ini bahkan selalu dilakukan sebelum melakukan olahraga. Tes kebugaran jasmani melibatkan pemeriksaan riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik.

Tes kebugaran jasmani dapat dilakukan oleh semua orang yang memiliki keinginan untuk berolahraga, mengikuti sebuah turnamen, atau mempersiapkan diri sebelum memulai musim olahraga baru.

Cara Kerja Tes Kebugaran Jasmani

1. Riwayat kesehatan – Pemeriksaan riwayat kesehatan perlu dilakukan untuk mengetahui apakah atlet memiliki resiko penyakit, alergi, atau cedera tertentu serta faktor-faktor lainnya.

2. Pemeriksaan fisik – Pemeriksaan fisik melibatkan beberapa tes dan tindakan yang dirancang untuk menentukan apakah pasien dalam kondisi baik untuk melakukan suatu aktivitas olahraga. Ini serupa dengan pemeriksaan fisik standar yang biasanya dokter lakukan, namun terdapat beberapa tambahan dan pengukuran khusus, yang meliputi:

  • Pengukuran tinggi dan berat badan
  • Pemeriksaan tekanan darah
  • Pemeriksaan denyut serta irama jantung
  • Pemeriksaan umum paru-paru, mata, teling, hidung, tenggorokan, dan perut
  • Penilaian umum kekuatan, kelenturan, postur, jangkauan gerak sendi, gerakan lutut, gaya berjalan, tingkat aktivitas, dan pola makan